Recent Posts

ads

Cara Backup Dan Export-Import Data Postingan Di Blogspot

Sesuai janji saya di postingan sebelumnya, Blogspot VS Wordpress Bagusan Mana Kalau Untuk Bisnis Online? Di postingan tersebut saya janji akan memposting Cara Aman Ngeblog Di Blogspot Seandainya Blog Kita Dihapus Oleh Pihak Blogspot. Menyesuaikan Judul Post kali ini, cara amannya yaitu dengan cara Backup Data Postingan Kita yang ada di blog blogspot tersebut.

Jadi seandainya sesuatu hal yang kita tidak nginkan tersebut terjadi, yaitu blog kita dihapus... setidaknya kita masih punya backup-an data pstingan kita. Dan kita masih tau apa yang seharusnya kita lakukan selanjutnya, yaitu: BIKIN BLOG BARU SAJA KEMUDIAN DIISI DENGAN DATA BACKUP-AN POST TERSEBUT. Enakkan ? Kita bikin blog baru tapi tidak perlu memulai semuanyaa dari NOL lagi ?!

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara membackup data postingan di blogspot? Jawabannya adalah, kita bisa memanfaatkan fitur Import-Expot Blog yang ada di settingan dashboard blogger. Tutorial lengkapnya bagaimana ?ikuti panduan singkat berikut ini.

Pertama log in dashboard blogger > Settingan > Other. Kemudian akan muncul halaman seperti ini.

dashboard blogger
Nah selanjutnya klik export blog terus ikuti panduan selanjtnya. Gampang kok...
File export terdownload dalam format XML. File inilah yang isinya data-data postingan kita  dari awal posting sampai postingan terakhir sebelum backup. Jadi saran saya kalau tidak mau postingan baru kita hilang, rajin-rajinlah backup secara berkala, sehingga tidak ada postingan yang terlewatkan.

Kemudian file tersebut simpanlah. Jadi kalau sewaktu-waktu blog kita dihapus oleh pihak blogspot, kita tinggal bikin blog baru, setelah itu isilah blog baru tersebut dengan file tersebut. Caranya? Hampir sama seperti cara sewaktu kita export.
Log in dashboard baru kita > Settingan > Other > Import : Bedanya disini. yang tadi klik export, kalau yang ini klik import. Kemudian ikuti panduan selanjutnya sampai akhirnya kita ada perintah untuk upload file XML yang sebelumnya kita punya dari hasil Export blog lawas kita.

Selesai proses ulpoad / import, kemudian kita cek di Dashboard > Post. Dan lihatlah semua postingan kita di blog lawas telah terpindahkan dan ada di blog baru kita. Asik kan?!

*****

Iya, cara ini cukup lumayan aman. Eh, tapi seandainya kita bikin blog baru bukannya berarti kehilangan pengunjung ? Yup,bener ! kita akan kehilangan pengunjung, pagerank, alexa dsb.  Tapi tenang saja, disini pula saya akan menjelaskan cara mensiasatinya. Lengkap deh postinganku hari ini....hehe

Penjelasan berikut ini berdasarkan sepanjang sepengetahuanku. Kalau ada yang salah mohon koreksi di komentar ya...

Ok, dengan backup sesuai cara diatas berarti kita mengamankan data postingan. Kita bikin blog baru, isinya bisa sama dengan blog lawas. Nah Pengunjung dan pagerank dll kita siatasinya dengan cara BELI / PAKAI DOMAIN TLD. Maksudnya mulai sekarang lah blog Anda redirect ke domain TLD. Jadi kalau sewaktu-waktu blog Anda dihapus pihak blogspot, Domain tersebut masih milik Anda. Anda bisa setting domain tersebut redirect ke blog baru Anda. Pengunjung setia blog anda setidaknya masih ingat url domain anda dan pagerank serta alexa masih tetap. Begitulah berdasarkan sepengetahuanku....

Nah mungkin ada yang tanya, lah terus mengapa blog ini saya tidak pakaiin domain TLD ? Jawabannya adalah saya gak punya duit buat beli domain TLD  hehe.

1 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More